FYI

julajuli.com FYI

Arsitektur Jengki, Satu Penanda Arsitektur Surabaya

Di Surabaya perkembangan pemukiman mengalami perubahan yang sangat signifikan. Mulai dari pemukiman bergaya arsitektur Asli Surabaya hingga pemukiman yang mengadopsi gaya Eropa. Pertanyaannya kemudian, seperti apakah arsitektur bangunan asli Kota yang kini dijuluki “Kota seribu taman” ini?

Selengkapnya
julajuli.com FYI

Gereja Katolik Tertua di Surabaya, Tahukah Anda?

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria disebut sebagai gereja tertua di Surabaya sejak kokoh berdiri pada tahun 1815. Namanya terkenal sebagai Gereja Katolik Kepanjen karena terletak di Jalan Kepanjen, Surabaya bersebelahan dengan SMA Katolik Frateran.

Selengkapnya
julajuli.com FYI

Inilah Tandon yang Mengaliri Surabaya Sejak Zaman Kolonial

Konon, pada zaman pendudukan Belanda, Surabaya diposisikan sebagai pelabuhan utama karena letak geografisnya yang strategis. Tak heran, di kota yang dijuluki kota pahlawan ini masih kerap dijumpai beberapa bangunan berarsitektur khas Belanda. Salah satunya adalah Tandon Air Wonokitri.

Selengkapnya
julajuli.com FYI

Gedung Singa Surabaya, Bangunan Heritage yang Eksotis

Kota Lama di kawasan Utara Surabaya, sungguh diwarnai dengan kekayaan bangunan peninggalan yang luar biasa memikat. Membentang dari Barat, di ujung Jalan Rajawali ke Timur hingga Jalan Kapasan. Terlebih di sekitar Jembatan Merah, begitu banyak spot cagar budaya Kota Pahlawan.

Selengkapnya
julajuli.com FYI

Gardu ANIEM, Cagar Budaya yang Terlupakan

Letaknya di beberapa lokasi agak tersembunyi, walau di tepi jalan protokol Kota Surabaya. Jadi, kerap luput dari perhatian mereka yang berlalu-lalang di sekitarnya. Gardu ANIEM, atau dalam bahasa Belanda disebut transformatorhuis, alias Rumah Trafo

Selengkapnya