Penerapan tatanan normal baru oleh pemerintah ditanggapi secara serius oleh berbagai pihak yang memiliki tujuan sama demi keamanan dari risiko penularan virus covid-19. Termasuk dari sektor perhotelan. Berbagai protokol kesehatan disiapkan baik untuk tamu yang datang hingga karyawan yang bertugas.

Salah satu yang dilakukan Quest Hotel Darmo Surabaya pada area restorannya adalah tamu yang menginap ketika sarapan pagi tidak diperkenankan self service atau mengambil sendiri makanan buffet. Makanan akan diambilkan dan dilayani oleh petugas restoran yang memakai masker dan face shield sebagai upaya pencegahan corona. “Kita batasi juga pengunjung yang sarapan menjadi 50%. Ketika mereka check in kami beri tahu jam untuk sarapannya juga,” tutur Agus Nurjana, F&B Manager Quest Hotel, Rabu (17/6/2020).

Selain itu, inovasi lain juga dihadirkan Quest Hotel dengan menerapkan menu digital untuk tamu yang ingin memesan makanan di restoran maupun di dalam kamar. Menu digital tersebut berupa QR Code yang dapat di scan terlebih dahulu oleh tamu kemudian daftar menu akan muncul di layar gawai. Hal tersebut untuk menghindari tamu berkontak secara langsung dengan petugas resto maupun tamu lainnya.