Solusi transportasi di tengah hiruk-pikuk kota sebesar Surabaya, sudah menjadi tuntutan. Semakin ramainya pemakai jalan, sudah wajib bagi pemerintah setempat untuk mengambil langkah bijak dan tepat menyelesaikan masalah lalu-lintas ini. Pemerintah Kota Surabaya menelurkan moda transportasi apik berbasis bus. Inilah, Suroboyo Bus.

Suroboyo Bus, salah layanan bus dalam kota di Kota Surabaya. Secara resmi diluncurkan oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, pada 7 April 2018 di gedung Siola.

Bus dengan kapasitas angkut maksimal 67 penumpang ini, berukuran lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter. Bus ini beroperasi dari jam 06.00 - 22.00 WIB. Untuk fasilitas bagi penumpang terbilang lengkap.

Kursi penumpang dengan warna yang memikat. Ruang penumpang dibagi menjadi dua, sekaligus dengan membedakan warna kursinya. Kursi berwarna Merah muda untuk penumpang Perempuan separuh ke depan, sementara kursi berwarna Jingga untuk laki-laki, di bagian belakang.

Di dalam bus dipasangkan 12 kamera CCTV, dan dilengkapi 3 kamera CCTV di bagian luar. Tujuan pemasangan CCTV untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Bagian menarik lain, pintu bus dilengkapi sensor yang bila ada penumpang yang berdiri di dekat pintu, pintu tidak akan menutup. Dan bus pun tidak akan berjalan hingga pintu tertutup sempurna.

Fitur lain, tersedia kursi dengan prioritas khusus. Terdapat USB port menempel di tiang-tiang besi, untuk sekedar membantu mengisi ulang battery gawai penumpang. Info dan lokasi halte pun dikabarkan dengan jelas dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris, dan bahasa Jawa.

Aspek keamanan, menjadi perhatian utama, bus ini mempunyai sistem antisipasi darurat dengan menggunakan tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. Pengemudi bus dapat menekan tombol, maka alarm akan berbunyi, dan pintu bus akan terbuka secara otomatis.

Pembayaran untuk naik bus ini hanya dengan sampah plastik. Langkah ini dimaksudkan untuk mengurangi sampah plastik yang menjadi permasalahan serius dalam hal lingkungan.

Majalah SCG pun menyisir Kota Surabaya, menjelajah jalanan mengendarai Suroboyo Bus. Sekaligus mencatat destinasi apa yang mudah dijangkau dari masing-masing halte bus berwarna dominan Merah ini. Oh hampir lupa, ada juga bus tingkat, mungkin dulu Anda mengenalnya dengan sebutan Bus Tumpuk.