Entah siapa yang memulai, tiap hujan turun, yang dicari adalah yang hangat-hangat. Mungkin memang tak ada yang memulai karena memang pendapat umum ini tak punya akhir. Coba sebutkan di benak Anda, kuliner apa yang terlintas saat Surabaya dirundung mendung dan hujan belakangan ini. Mie rebus dengan tambahan telur dan cabe? Sama! Lainnya? Segera simak hasil buruan Majalah SCG berikut ini.

julajuli.com

Wedang Kobhu

Mungkin minuman yang satu ini kurang familiar di telinga orang Surabaya. Bisa dimaklumi, karena memang wedang kobhu ini berasal dari Kabupaten Bangkalan, Madura. Air direbus dengan serai, jahe, kayu manis, pandan wangi, cengkeh, dan gula merah, disajikan dengan potongan kelapa. Untuk kelapa, sengaja dipilih kelapa tua karena lebih manis dan dari segi rasa lebih mantap dibanding kelapa muda. Khasiat yang didapat selain hangat di badan, juga meringankan masuk angin yang diperoleh dari khasiat jahe dan serai.

julajuli.com

Ronde

Meskipun berasal dari Tiongkok, kudapan hangat ini akrab di semua lidah. Khasnya adalah bulatan berwarna putih yang berasal dari tepung beras ini berisikan potongan kacang tanah di dalamnya. Di negara asalnya, ronde disajikan dengan kuah jahe tanpa tambahan, sedangkan di Indonesia penjual biasanya menambahkan kacang, serutan kelapa, dan jelly.

julajuli.com

Sekoteng

Jika tak jeli, membedakan ronde dan sekoteng bisa sedikit membingungankan. Memang secara kasat mata isiannya hampir sama dengan ronde seperti serutan kelapa, dan sama-sama kuah jahe. Menurut penjualnya, bedanya ada di bulat rondenya. “Kalau ronde bunderan e gede, lek sekoteng cilik.”

julajuli.com

Tahwa

Saat menyebut hujan, satu kudapan yang banyak disebut namanya adalah tahwa. Tahwa berasal dari sari kedelai yang menghasilkan tahu super lembut, ditambahkan dengan kuah jahenya yang hangat. Biasanya penjual tahwa juga menjajakan kacang koah. Menjumpai tahwa di Surabaya cukup mudah, mulai dari penjual keliling, menempati bangunan semi permanen, sampai di mall/restoran.

julajuli.com

Angsle

Bila Anda mencari kudapan yang punya cita rasa berbeda dengan kudapan yang kami sebutkan sebelumnya, kami merekomendasikan angsle. Ke-empat minuman hangat di atas punya cita rasa yang mirip yaitu menyajikan kuah jahe. Di angsle Anda tak akan menemukannya. Justru rasa manis gurih yang didapat dari kuah santan yang ditambahkan diantaranya ketan putih, kacang hijau, potongan roti, mutiara, kacang tanah goreng, dan terkadang irisan buah kolang-kaling.