Lettering atau seni menggambar huruf mulai diminati banyak orang. Meskipun tampak mudah karena bila dilihat sekilas lettering seperti menulis pada umumnya, kenyataannya lettering tak semudah yang dilihat. Ada teknik dan unsur dasar yang harus diketahui lebih dulu.

Bani Sabrina, Lettering Artis menjelaskan teknik dasar lettering yang harus dikuasai adalah upstroke dan downstroke. Bani mengatakan kedua teknik dasar ini harus fasih lebih dulu, baru kemudian bisa membentuk huruf. “Tekniknya seperti nulis pakai pensil biasa, kalo down agak ditekan kuasnya jadi menghasilkan ketebalan yang lebih. Kalau up cuma digaris tipis aja,” tutur Bani saat mengisi workshop lettering memperingati 25 tahun hari jadi Shangri-La Hotel Surabaya, Jumat (13/3/2020).

julajuli.com

Tiga unsur yang harus diketahui dalam lettering yaitu: harus mengetahui anatomi huruf, jarak antar huruf, dan tebal tipisnya. "Jadi huruf dan angka itu kan punya anatomi. Mereka tersusun dari gabungan pola atau anatomi itu tadi. Nah itu yang harus dipelajari. Jadi nanti tahu kapan harus menggores upstroke kapan downstroke," kata Bani.

julajuli.com

Usai menguasai teknik dan mengetahui unsur lettering, peserta menyapukan kuas yang sudah dicelupkan cat air lalu disapukan di atas bidang kertas. Karena membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi, lettering ini dapat berfungsi sebagai terapi. “Lettering ini kan seperti bikin font baru. Bisa bikin orang untuk menimbulkan image tertentu untuk huruf yang ditulis.”