Terletak di sebelah timur laut Jawa Timur, berada berseberangan pulau dengan Surabaya, yaitu Pulau Madura. Disebut pula pulau garam, ternyata bukan hanya garam yang membuat Madura dikenal tapi juga olahan kulinernya. Sebut saja nasi serpang dan wedang kobbhu. Tapi kini tak perlu jauh menyeberang lautan untuk bisa menikmatinya, Anda cukup mampir ke Grand Mercure Surabaya saja.

 

julajuli.com

Nasi khas Madura disebut juga sebagai nasi serpang. Ciri khasnya adalah tambahan cumi hitam dan jeroan seperti babat, usus, dan paru. Diakui oleh Sutadi Arry Nugroho, Executive Chef Grand Mercure Surabaya, cita rasa masakan Madura terletak pada keberaniannya dalam menciptakan rasa yang kuat. Sehingga untuk memasak jeroan digunakan metode slow cooking selama 3-4 jam untuk memastikan bumbu meresap dan matang sempurna.

julajuli.com

Sedangkan wedang kobbhu pas dinikmati di cuaca Kota Surabaya yang sedang dirundung mendung akhir-akhir ini. Air direbus dengan serai, jahe, kayu manis, pandan wangi, cengkeh, dan gula merah, disajikan dengan potongan kelapa. Untuk kelapa, sengaja dipilih yang tua karena lebih manis dan dari segi rasa lebih mantap dibanding kelapa muda. Dimas Setiawan, Barista Grand Mercure Surabaya mengatakan “Khasiatnya umum aja untuk meringankan masuk angin, yang didapat dari khasiat jahe dan sereh,” tutur Dimas, Senin (13/1).