Keindahan taman di Surabaya kini semakin lengkap dengan adanya lapangan olahraga, termasuk untuk futsal. Bakat dan hobi warga kota memainkan si kulit bundar benar-benar terwadahi. Pemerintah Kota Surabaya telah merealisasikan komitmennya untuk menyediakan ruang bermain dan berolahraga bagi warga kota.

Keberadaan lapangan futsal itu serta merta menggerus adanya keluhan warga tentang minimnya fasilitas olahraga di Surabaya. Warga kota kini bisa dengan bebas menyalurkan hobi olahraganya tanpa kesulitan lagi soal ketersediaan lapangan. Bermain futsal atau olahraga lainnya di taman, bisa dilakukan sewaktu-waktu. Tinggal mengatur giliran dengan tim lain yang juga ingin menggunakan lapangan olahraga di taman. Dan tanpa biaya.

julajuli.com

1. Taman Apsari, Gubernur Suryo

Taman Apsari yang terletak di depan kantor gubernuran, Jl. Gubernur Suryo, menjadi taman alternatif untuk rekreasi warga kota. Spot ini seringkali ramai karena letaknya yang strategis dan nyaman untuk hiburan keluarga. Apalagi di akhir pekan, taman ini berjubel oleh warga kota segala usia. Karena letaknya di tengah kota, fasilitas taman ini juga menjadi daya tarik orang untuk memanfaatkannya. Termasuk fasilitas lapangan futsal yang kerap digunakan oleh anak-anak sekolah maupun para muda.

Keberadaan lapangan futsal ini di tengah-tengah taman dan dikelilingi oleh jaring-jaring. Sehingga, saat lapangan futsal ini digunakan bermain pun, tidak menggangu lainnya yang tengah menikmati suasana taman. Anak-anak yang bermain di arena bermain tetap bisa melepas keceriaannya. Sementara yang duduk-duduk di taman juga tetap bisa bercengkerama nyaman dengan keluarga atau sahabat.

Siapa pun warga kota bisa memanfaatkan lapangan futsal secara gratis. Tinggal memilih hari dan jam yang diinginkan secara bergilir dengan warga lain yang juga ingin menggunakannya. Taman yang berada di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman itu, disediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya juga untuk bermain skateboard. Sebagian warga surabaya yang lain memanfaatkannya sebagai tempat kongkow semalaman hingga pagi menjelang.

julajuli.com

2. Taman Bulak, Kenjeran

Seiring dikembangkannya destinasi wisata Bulak Kenjeran, juga dilengkapi dengan keberadaan taman sebagai tempat untuk rekreasi warga. Jika menuju Sentra Ikan Bulak, Anda akan melewati Jembatan Suroboyo dan 2 taman di samping kanan-kiri sebelum sampai di sentra ikan. Kedua taman itu seperti oase bagi warga pesisir yang selama ini, baik anak-anak maupun warga nelayan, hanya bisa menikmati sore atau akhir pekan di pinggir pantai. Kini, kegembiraan mereka bisa terpuaskan dengan keberadaan taman tersebut.

Apalagi taman itu juga dilengkapi lapangan futsal, yang kerap digunakan oleh anak-anak dan pemuda sekitar untuk memuaskan hobi olahraga sepak bola. Seperti saat liburan semester kemarin, lapangan futsal di taman ini nyaris tak pernah sepi, terutama di pagi dan sore hari. Keberadaan lapangan futsal itu tentu menambah nilai tambah tersendiri bagi anak-anak pantai. Meski kelengkapan taman yang lain juga sangat disuka oleh warga. Ada taman bermain, ayunan, dan juga arena untuk aksi sepatu roda. Pesisir pantai yang selama ini menjadi zona rekreasi mereka, tak serta merta ditinggalkan. Sebab, taman Bulak sendiri berada di tepi pantai.

julajuli.com

3. Taman Jangkar, Jambangan

Taman Jangkar sudah ada sejak 2013. Namun, baru dikelola pemerintah kota setahun belakangan. Sejak awal area ini dibentuk menjadi taman yang indah dan asri untuk tempat rekreasi keluarga. Di situ ditanami bunga beraneka jenis dan warna. Lalu, fasilitas taman yang terletak antara kampung Karah dan Jambangan ini dilengkapi dan dibangun lapangan futsal. Taman ini juga bersebelahan dengan Taman Baca dan Bank Sampah Kampung Jambangan.

Terang saja, taman ini kemudian kian ramai dikunjungi warga sekitar dan kampung lain untuk bersantai di sore hari dan bermain futsal. Lapangan futsal di taman ini dijaga dan dikelola dengan baik. Baik rumput sintetiknya maupun jaring yang mengelilingi lapangan. Taman ini juga menyediakan taman bermain untuk anak, dan tempat duduk santai untuk orang tua. Tak hanya itu, di taman ini juga diperlengkapi dengan pasir pantai untuk anak-anak yang suka bermain di tanah.

julajuli.com

4. Taman Kunang-kunang, Penjaringansari

Taman ini terletak diantara dua rumah susun Penjaringansari, Rungkut. Di taman seluas 400 m2 ini di dalamnya ditandai oleh sebuah miniatur berbentuk kurang-kunang. Taman ini juga dilengkapi fasilitas lapangan futsal, basket dan arena bermain anak. Berada di pemukiman ramai seperti itu, taman inipun ikut ramai diserbu oleh anak-anak dan orang dewasa. Mereka secara bergantian menggunakan lapangan futsal sebagai pengisi dahaga warga dalam bermain sepak bola. Setelah diresmikan Walikota Surabaya pada Oktober 2010, taman ini menjadi spot alternatif bagi warga sekitar untuk bermain dan berolahraga, siang maupun malam hari.

Pada malam hari, taman ini tampil memukau dengan pendar cahaya yang terbentuk persis kunang-kunang. Ada tiang-tiang lampu yang ujungnya terdapat bola lampu dan sayap dari rancang besi. Bila gelap datang, lampu dinyalakan, akan tampak seperti kunang-kunang berterbangan. Keindahan itu terang saja menarik minat orang dan fotografer untuk mengabadikan moment malam-malam bersama kunang-kunang. Warga sekitar juga memanfaatkan fasilitas yang ada untuk sekadar duduk-duduk menemani anak-anak bermain, atau cangkruk bersama rekan dan sahabat.

julajuli.com

5. Taman Mayangkara, Mayangkara

Taman ini dibangun antara lain untuk mengenang keberanian Batalyon 503 Mayangkara di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro saat menghadapi Belanda. Di area taman, di depan Rumah Sakit Islam (RSI), terdapat monumen Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih Mayangkara. Warga Surabaya biasa menyebut Monumen Mayangkara.

Berada di lokasi ini terasa makin nyaman karena seluruh area taman telah berhias warna-warni bunga dan tanaman hias. Bahkan, di sekeliling monumen dilengkapi arena untuk jalan-jalan dan sarana untuk memadu keceriaan bersama keluarga.

Sekarang, taman ini ditambah fasilitas baru lapangan futsal. Anak-anak muda sangat apresiatif dengan kelengkapan fasilitas ini. Mereka kerap menggunakannya untuk bermain futsal bersama, disamping menikmati keindahan dan kenyaman rekreasi di taman.

julajuli.com

6. Taman Ronggolawe, Gunungsari

Taman ini juga dilengkapi lapangan futsal yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Letak taman Ronggolawe di Gunungsari, dekat dengan Terminal Joyoboyo. Terutama pada sore hari, ada banyak tim sepak bola futsal yang anggotanya terdiri dari warga sekitar.

Mereka sangat antusias memanfaatkan keberadaan lapangan futsal untuk mengembangkan hobi sepak bola. Di antara sekian tim yang terbentuk, mereka kerap mengadakan turnamen futsal antar RT-RW, kelurahan, hingga kecamatan. Alhasil, tim-tim kecil seperti itu bisa melahirkan bakat-bakat sepak bola, yang dimulai dari kampung.

Adanya lapangan olahraga seperti itu, sekaligus memperkaya spot di taman Ronggolawe. Kebutuhan rekreasi keluarga bersama anak-anak terpenuhi, sementara bagi mereka yang gemar sepak bola juga terwadahi. Taman ini pun sekurang-kurangnya bisa memberi nafas lega bagi warga sekitar, baik sebagai ruang hijau sekaligus ruang bagi hobi-hobi yang terpendam.