Komunitas Batik Surabaya (KIBAS) bekerja sama dengan House of Sampoerna, menggelar pameran yang bertajuk Another Side of Batik Gedog. Ada 35 Batik Gedog dengan beragam motif seperti Likasan Kotong, Lok Can, Owal Awil, dan lain-lain ditampilkan beserta penjelasan dan fungsinya di Galeri Seni mulai dari 07-29 Oktober 2016.

julajuli.com

Dibuka oleh Lintu Tulistyanto selaku Ketua KIBAS, acara tersebut berlangsung cukup meriah. Dihadiri tamu undangan yang semuanya menggunakan Batik sebagai dress code. “Saya bangga Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya, dan salah satunya adalah Batik Gedog ini. KIBAS akan berusaha mengenalkan Batik ini ke khalayak,” terang Lintu.

julajuli.com

Selain pameran Kain Batik, ditampilkan juga proses pembuatan kainnya. Dari masih berupa kapas, pemintalan benang, penenunan, proses membatik, hingga desain jadi kain batiknya. “House of Sampoerna akan terus mendukung program-program pelestarian warisan budaya bangsa seperti Batik ini, agar dapat diapresiasi masyarakat,” tutup Rani Anggraini selaku Manager Museum & Marketing dalam acara opening ceremony, Kamis (06/10). (Naskah/Foto: Akira)